------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Senin, 26 Desember 2011

Hobi Ngintip Status Orang Picu Kegemukan di Era Internet

imgBerkat jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, rasanya menyenangkan sekali bisa memantau kabar dan aktivitas orang lain dengan mudahnya di internet. Namun jangan berlebihan, menurut penelitian hal itu juga bisa memicu kegemukan.

Jika menemukan kabar baik misalnya ada teman naik jabatan atau akan menikah bulan depan, dampaknya bagi kesehatan jiwa akan positif karena bisa memberi motivasi. Namun jika kebetulan kabarnya kurang baik, maka justru bisa memicu stres yang sebenarnya tidak perlu.

Seorang psikoterapis dari Florida, Dawn Billings mengatakan sifat usil mengintip status orang di internet tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jiwa. Pada tingkatan tertentu, kebiasaan ini juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan secara fisik.

Beberapa dampak dari kebiasaan ngintip status orang di internet menurut Billings seperti dikutip dari MSNBC, Minggu (11/12/2011) adalah sebagai berikut.

1. Memicu kegemukan
Secara psikologis, ngintip status adalah perilaku yang secara tidak sadar ingin dilakukan secara diam-diam dan cenderung memalukan kalau sampai ketahuan. Beban mental untuk tidak ketahuan, maupun ketika menemukan kabar yang tidak menyenangkan bisa memicu stres.

Berbagai penelitian membuktikan, stres berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam mengontrol nafsu makan. Hormon stres atau kortisol membuat nafsu makan cenderung berlebihan, sementara metabolisme di dalam tubuh berjalan lebih lambat sehingga lebih bikin gemuk.

2. Insomnia atau susah tidur
Stres juga bisa dipicu oleh perilaku kompulsif, atau keinginan yang terus menerus dan susah dikendalikan. Ketagihan ngintip status orang di internet juga termasuk perilaku kompulsif, karena selalu ingin tahu kabar terbaru dari orang yang diintip.

Salah satu ciri khas pada perilaku kompulsif adalah membuat penderitanya selalu gelisah jika keinginannya tidak dituruti. Pada malam hari, kegelisahan ini akan sangat mengganggu jam biologis dan memicu insomnia atau susah tidur di malam hari.

3. Kerusakan otak
Peningkatan hormon stres yakni kortisol dan adrenalin saat ngintip status orang di internet akan memacu aliran darah ke beberapa bagian otak, lalu menyebabkan kerusakan pada bagian frontal lobe. Padahal bagian ini sangat penting bagi kecerdasan dan kemampuan untuk mengambil keputusan.

Dampak jangka panjang yang akan dirasakan jika terjadi kerusakan pada bagian ini antara lain berkurangnya kapasitas memori atau daya ingat, serta kemampuan menilai. Bisa juga kembali lagi ke pemicunya, yakni menyebabkan stres dan kegelisahan itu sendiri.


Sumber : detikhealth

Jumat, 23 Desember 2011

Tacrine, Obati Gejala Alzheimer Ringan Sampai Sedang

imgTacrine digunakan untuk mengobati gejala penyakit Alzheimer ringan sampai sedang, namun tidak akan menyembuhkan penyakit Alzheimer dan tidak akan menghentikan penyakitnya menjadi semakin buruk. Namun tacrine dapat meningkatkan kemampuan berpikir pada beberapa pasien penyakit Alzheimer.

Pada penyakit Alzheimer, perubahan kimia terjadi dalam otak. Salah satu perubahan paling awal dan terbesar adalah bahwa kurangnya bahan kimia yang disebut asetilkolin (Ach).

AcH membantu otak bekerja dengan baik. Tacrine memperlambat pemecahan AcH. Namun, ketika penyakit Alzheimer semakin memburuk, AcH akan semakin berkurang dan berkurang sehingga tacrine tidak lagi dapat bekerja dengan baik.

Tacrine dapat menyebabkan gangguan hati. Ketika minum obat ini, pasien harus melakukan tes darah secara teratur untuk melihat apakah obat itu mempengaruhi hati. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dalam bentuk kapsul.

Indikasi

Untuk mengobati gejala penyakit Alzheimer dalam taraf ringan sampai sedang.

Dosis

Dewasa: Pada awalnya, 10 mg empat kali sehari. Dokter dapat meningkatkan dosis secara bertahap jika tubuh merespon baik dan tes hati normal. Namun, dosis biasanya tidak lebih dari 40 mg empat kali sehari.

Komposisi
Tacrine

Sumber : MayoClinic

Selasa, 20 Desember 2011

Minuman Sehat Bisa Bakar Lemak

img
 Tidak sedikit orang yang menghindari minum air saat menjalani program penurunan berat badan karena beranggapan air bisa menaikkan angka di timbangan. Namun beberapa minuman sehat ini justru dapat membantu mempercepat membakar lemak di tubuh. Apa saja?

Beberapa minuman sehat dapat membantu penurunan berat badan, juga membantu dalam detoksifikasi, memberikan nutrisi penting atau membantu untuk meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Minuman sehat juga dapat membantu membakar lemak tabpa menambah kalori yang tidak diperlukan.

Berikut beberapa minuman yang dapat membantu membakar lemak, seperti dilansir Livestrong, Selasa (20/12/2011):

1. Teh hijau
Teh hijau merupakan pilihan utama bagi para pelaku diet karena menyediakan antioksidan dan membakar lemak dalam berbagai cara. Teh hijau mengandung polifenol yang disebut EGCG (Epigallocatechin gallate), antioksidan yang telah terbukti meningkatkan termogenesis (proses yang membantu mengubah kalori menjadi panas sehingga tidak disimpan sebagai lemak).

Kafein dalam teh hijau bekerja dengan EGCG untuk memberikan dorongan metabolisme yang lebih besar. EGCG dalam teh hijau juga membantu mengatur gula darah, memperlambat lonjakan insulin dan penyimpanan lemak setelah makan. Menambahkan 2-5 cangkir es atau teh hijau panas dapat membantu Anda membakar lemak tanpa mengonsumsi kalori ekstra.

2. Air kelapa
Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 50 kalori dan nol lemak, dan menyediakan jumlah tinggi nutrisi penting. Air kelapa kaya akan elektrolit kalium, kalsium, natrium dan magnesium, sehingga ideal untuk rehidrasi setelah olahraga berat.

Kandungan elektrolit air kelapa sangat mirip dengan darah manusia dan air kelapa pernah digunakan untuk transfusi darah darurat selama Perang Dunia II. Air kelapa juga rendah gula dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai minuman yang memberikan energi dan meningkatkan tingkat metabolisme. Anda dapat minum air kelapa murni atau menambahkannya ke smoothie dan jus buah untuk meningkatkan energi.

3. Susu skim rendah lemak
Produk susu mengandung kadar kalsium tinggi, yang menurut studi dapat mencegah lemak perut dan meningkatkan metabolisme. Menurut University of Southwestern Medical Center di Dallas, mengonsumsi 1000 hingg 1200 miligram kalsium per hari dapat membantu mencegah penyimpanan lemak dan dapat menyebabkan tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

4. Air putih
Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan penurunan berat badan adalah dengan minum banyak air putih setiap hari. Studi tahun 2010 yang telah dipublikasikan dalam jurnal Obesity menunjukkan bahwa orang yang minum banyak air sebelum makan bisa menurunkan berat badan lebih banyak ketimbang orang yang tidak minum air. Air juga membantu Anda merasa kenyang dan membantu mengeluarkan lemak dan racun dari sel.

Sumber : detikhealth

Related Posts with Thumbnails