------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Rabu, 05 Oktober 2011

Bersepeda Mengurangi 9 Juta Kg Emisi CO2/Tahun




Bersepeda tak hanya menyehatkan diri sendiri, tetapi juga dapat mengurangi tingkat polusi dan risiko kematian yang ditimbulkannya. Menurut penelitian, tiap tahun para pegowes telah mengurangi 9 juta kg emisi CO2 dan mencegah 12 kematian.

Emisi CO2 atau karbon dioksida merupakan sumber polusi yang paling banyak dihasilkan oleh pembakaran tidak sempurna pada kendaraan bermotor dan mesin industri. Kadarnya yang tinggi di atmosfer memicu efek rumah kaca yang memicu pemanasan global.

Bagi kesehatan, CO2 dapat memberikan dampak jangka pendek secara langsung antara lain memicu gangguan pernapasan serta meningkatkan risiko kanker. Sementara dalam jangka panjang, perubahan iklim yang ditimbulkannya akan banyak memunculkanpenyakit baru.

Peran para pengendara sepeda khususnya di kota-kota besar sangat besar dalam mengurangi dampak buruk polusi udara. Makin banyak yang mengendarai sepeda, makin sedikit emisi CO2 yang dihasilkan sehingga secara umum lingkungan menjadi lebih sehat.

Center for Research in Environmental Epidemiology di Barcelona, Spanyol mengungkap gerakan bersepeda di beberapa kota sepertiBoris Bikes di London serta Bicing di Barcelona sendiri telah berhasil memangkas emisi CO2 sebanyak 9 juta kg/tahun. Risiko kematian yang dicegah tiap tahunnya diperkirakan mencapai 12 kasus/tahun.

"Transportasi aktif seperti bersepeda mendorong orang-orang untuk lebih banyak bergerak dan menjadi alat ampuh untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," ungkap David Rojas-Rueda, salah satu peneliti yang melaporkan temuan itu dalam British Medical Journal, seperti dikutip dari Reuters, Senin (8/8/2011).

Tingkat kematian yang dapat dicegah setiap tahun melalui gerakan bersepeda meliputi 0,13 kematian akibat polusi udara dan 0,03 kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Ditambah dengan risiko kematian akibat kurang olahraga, total angka kematian yang bisa dicegah tiap tahun mencapai 12,28/tahun.

Sedangkan emisi CO2 yang dipangkas yakni 9 juta kg/tahun diperkirakan setara dengan total emisi gas buang pesawat terbang untuk mengangkut penerbangan 1.800 orang dari Sydney ke London PP (pergi pulang). Jika rata-rata satu pesawat dapat mengangkut 200 penumpang, berarti angka tersebut setara dengan penerbangan 9 pesawat.

Sumber : detikhealth

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Sungkan Untuk Meninggalkan Komentar Disini. Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan isi posting dan dapat berupa kritik maupun saran. Terima kasih, anda sudah meninggalkan komentar yang bermutu.

Related Posts with Thumbnails