------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Sabtu, 06 Agustus 2011

Jalan Kaki Bisa Sehatkan Otak



Wah...udah lama banget nih gak bikin postingan blog...
hampir lupa malah kalo punya blog...hhehehe
kali ini saya mau sharing tentang kesehatan sama blogger sekalian...

Kita semua tau bahwa otak merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh kita. otak merupakan bagian yang istimewa khususnya untuk manusia. Dengan adanya otak, manusia dapat bekerja, mencari uang, belajar hal - hal baru dan melakukan apapun yang mereka inginkan dengan menggunakan otak mereka.
Jadi kita sebagai manusia tentu ingin kesehatan otaknya terjaga bukan???
Bayangkan jika otak kita terganggu apa yang akan terjadi....hmmm...jangan sampai terjadi deh.. -_-"
ternyata ada cara mudah untuk menjaga kesehatan otak yaitu dengan berjalan kaki...
berikut ini beritanya yang saya ambil dari kaskus...


Berjalan kaki sejauh enam mil atau 9,66 kilometer dalam satu pekan bisa menjadi solusi utk mencegah penyusutan otak dan melawan demensia. Hal ini disampaikan sejumlah peneliti AS.
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 300 orang di Pittsburgh, AS, yang mencatat berapa jauh mereka berjalan kaki setiap pekan menunjukkan, mereka yang berjalan setidaknya enam mil atau 9,66 kilometer lebih  sedikit mengalami penyusutan otak yang terkait usia daripada orang yang berjalan kurang dari itu.

"Penyusutan ukuran otak pada masa dewasa akhir dapat menyebabkan masalah pada daya ingat. Hasil penelitian kami seharusnya mendorong dirancangnya suatu latihan fisik yang baik bagi orang lanjut usia sebagai sebuah pendekatan yang menjanjikan untuk mencegah demensia dan penyakit alzheimer," kata Kirk Erickson dari Universitas Pittsburgh, AS, yang penelitiannya muncul di jurnal Neurologi.

Penyakit alzheimer, bentuk paling umum dari demensia, perlahan-lahan membunuh sel-sel otak. Kegiatan seperti berjalan kaki telah terbukti meningkatkan volume otak. Erickson dan rekan-rekannya melakukan penelitian untuk melihat apakah orang yang banyak berjalan kaki memiliki nilai tawar yang lebih baik untuk memerangi penyakit itu.

Mereka melakukan penelitian pada 299 sukarelawan yang bebas penyakit demensia dan mencatat secara rutin seberapa jauh mereka berjalan dalam satu pekan. Sembilan tahun kemudian, para peneliti itu mengambil foto otak dari setiap sukarelawan untuk mengukur volume otak mereka.

Setelah empat tahun lagi, mereka kembali melakukan pengujian untuk melihat, jika ada sukarelawan yang mengalami kerusakan kognitif atau menderita demensia.

Mereka menemukan, orang yang berjalan kaki kira-kira enam sampai sembilan mil atau 9,6 km-14,49 km dalam sepekan memiliki risiko terserang gangguan daya ingat 50 persen lebih rendah dari mereka yang berjalan kaki kurang dari itu dalam sepekan."Hasil penelitian kami sejalan dengan data yang menyebutkan bahwa kegiatan aerobik menginduksi sejumlah sel-sel kaskada yang dapat meningkatkan volume materi abu-abu," kata tim peneliti itu.

Mereka mengatakan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai dampak latihan pada penderita demensia. Namun, dengan tidak adanya pengobatan efektif bagi alzheimer, berjalan kaki mungkin adalah satu hal yang dapat dilakukan untuk
membantu.

"Jika olahraga teratur bagi orang paruh baya dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat dan berpikir di kemudian hari, maka itu cukup menjadi salah satu alasan untuk melakukan olahraga secara teratur pada setiap golongan usia, sebuah upaya peningkatan bagi kesehatan masyarakat," kata Erickson.

Saat ini tidak ada obat yang dapat menghentikan perkembangan penyakit alzheimer, yang mempengaruhi lebih dari 26 juta orang di dunia. 

wah,ternyata jalan kaki memang selalu sehat yah.. 
bukan hanya untuk otak,tetapi semua anggota tubuh kita juga akan ikut sehat...
jadi, apalagi yang kita tunggu, segeralah berolahraga dan menjalani pola hidup sehat...
for better future ^_^

sumber : kaskus.us

13 komentar:

  1. This blog is fantastic. I like much more this post. That not really huge statement, but its all I could come up with after reading this.

    BalasHapus
  2. wow...
    did u know bahasa Indonesia??
    thanks for coming to my blog,thank you so much :D

    BalasHapus
  3. Really i am impressed from this post....the person who created this post is a genius and knows how to keep the readers connected. Thanks for sharing this with us. I found it informative and interesting. Looking forward for more updates.

    BalasHapus
  4. I am very much pleased with the contents you have mentioned. I wanted to thank you for this great article. I enjoyed every little bit part of it and I will be waiting for the new updates.

    BalasHapus
  5. I think the things you covered through the post are quiet impressive, good job and great efforts. I found it very interesting and enjoyed reading all of it...keep it up, lovely job.

    BalasHapus
  6. This is the first time i am reading your post and admire that you posted article which gives users lot of information regarding particular topic thanks for this share.

    BalasHapus
  7. Well, this is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and

    starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us

    valuable information to work on. You have done a marvellous job!

    BalasHapus
  8. I actually added your blog to my favorites and will look forward for more updates. Great Job, Keep it up.

    BalasHapus
  9. The clarity in your post is simply spectacular and I can assume you are an expert on this field. Well with your permission allow me to grab your rises feed to keep up to date with incoming post.

    BalasHapus
  10. Really I am impressed from this post. I am very happy to read this article. Thanks for giving us nice info. Fantastic walk-through.

    BalasHapus
  11. Nice information, many thanks to the author. It is incomprehensible to me now, but in general, the usefulness and significance is overwhelming.

    BalasHapus
  12. I am very much pleased with the contents you have mentioned. I enjoyed every little bit part of it.
    It contains truly information. I want to thank you for this informative read; I really appreciate sharing this great.

    BalasHapus
  13. You made some good points there. I did a search on the topic and found most people will agree with your blog.

    BalasHapus

Jangan Sungkan Untuk Meninggalkan Komentar Disini. Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan isi posting dan dapat berupa kritik maupun saran. Terima kasih, anda sudah meninggalkan komentar yang bermutu.

Related Posts with Thumbnails