------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Rabu, 13 Oktober 2010

Mie Instan Tidak Baik untuk Kesehatan

Tidak dipungkiri lagi, kita amat gemar memakan makanan ini karena praktis dan tidak susah memasaknya. Mulai dari orang tua sampai dengan anak - anak gemar mengkonsumsi mie instan. Tapi apakah sehat kebanyakan mengkonsumsi mie instan???

(detikhealth.com)Hampir sebagian besar masyarakat suka mengonsumsi mie instant dengan berbagai rasa. Meskipun mie instant tersebut aman untuk dikonsumsi, tapi makanan ini tergolong jenis makanan yang tidak sehat.

"Kalau dibilang aman atau tidak, makanan tersebut aman. Tapi makanan tersebut kurang sehat, karena tidak terbuat dari bahan yang fresh atau segar. Karena itu mie yang dikonsumsi secara terus menerus menjadi tidak bagus," ujar Dr Samuel Oentoro MS, SpGK, ahli gizi klinik dari FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Selasa (12/10/2010).

Dr Samuel menuturkan di dalam mie instant memang mengandung bahan pengawet, tapi jika kadarnya dipakai sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih tergolong aman. Karena itu mie instant tidak berbahaya atau tidak menyebabkan keracunan.

"Kalau dikonsumsinya sekali-kali saja karena terpaksa tidak ada makanan ya tidak apa-apa, karena tubuh memiliki organ yang dapat berfungsi untuk detoksifkasi. Tapi kalau organ ini dihantam terus menerus nantinya bisa rusak juga. Karenanya efek dari sering mengonsumsi mie ini termasuk jangka panjang," tuturnya.

Konsep dari makanan yang sehat menurut Dr Samuel berasal dari makanan yang segar serta beranekaragam dalam arti tidak hanya yang itu-itu saja misalnya ada ayam, kangkung, ikan atau sumber makanan segar lainnya.

Sementara mie instant yang terbuat dari tepung terigu termasuk dalam kategori karbohidrat sederhana. Itu artinya makanan tersebut cepat diserap oleh tubuh dan bisa meningkatkan kadar gula darah tapi juga cepat lapar.

Oleh karena itu penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang cepat meningkatkan kadar gula darah karena jika kadar gula darah cepat tinggi akan merangsang pankreas yang menghasilkan insulin berlebih yang ujungnya terjadi hiperglikemia.

Selain itu dalam pembuatan mie biasanya menggunakan kuning telur yang diketahui punya kadar kolesterol tinggi. Karenanya orang yang memiliki gangguan kolesterol sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi mie, untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dalam mi instant juga diketahui tidak mengandung serat sehingga orang yang mengonsumsi mie instant memiliki kecenderungan cepat lapar. Sehingga dalam jangka waktu tertentu orang tersebut akan makan kembali yang membuat asupan kalori berlebih dan dapat memicu obesitas.

Lalu bagaimana cara makan mie yang aman?

"Kalau ingin makan mie instant sebaiknya ditambahkan sayuran sehingga mengandung serat, serta kalau ingin pakai telur gunakan putih telurnya saja sebagai tambahan proteinnya karena bahan bakunya sudah ada kuning telur," ungkap dokter yang berpraktik di Semanggi Spesialist Clinic.

11 komentar:

  1. Many of these instant noodles come with flavouring that contains MSG (monosodium glutamate)...which has been linked to causing brain damage.which is so danger for health.

    BalasHapus
  2. This is nice post which I was waiting for such an article and I have gained some useful information from this site. Thanks for sharing this information.

    BalasHapus
  3. This is a great inspiring article. I am pretty much pleased with your good work. You put really very helpful information. Keep it up.Keep blogging. Looking to reading your next post.

    BalasHapus
  4. This article gives the light in which we can observe the reality. this is very nice one and gives in-depth information. Thanks for this nice article.

    BalasHapus
  5. Good work…unique site and interesting too… keep it up…looking forward for more updates.

    BalasHapus
  6. Wow! Thank you! I always wanted to write in my site something like that. Can I take part of your post to my blog?

    BalasHapus
  7. This is nice post which I was waiting for such an article and I have gained some useful information from this site.Thanks for sharing this information.

    BalasHapus
  8. Bloggers like you are very few on World Wide Web and I am happy to found you. It’s like finding a pearl in the sea, tough but fruitful. Best wishes and regards.

    BalasHapus

  9. Great article ...Thanks for your great information, the contents are quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    BalasHapus
  10. I have read the article,and I want to say thanks to you for exceptional information. You have provided deep and easily understandable
    knowledge to us.

    BalasHapus
  11. Hi this one is great and is really a good post. I think it will help me a lot in the related stuff and is very much useful for me. Very well written I appreciate & must say good job.

    BalasHapus

Jangan Sungkan Untuk Meninggalkan Komentar Disini. Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan isi posting dan dapat berupa kritik maupun saran. Terima kasih, anda sudah meninggalkan komentar yang bermutu.

Related Posts with Thumbnails