------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Kamis, 30 September 2010

Kenapa Manusia Punya 4 Golongan Darah???


Ada yang pernah bertanya kayak gitu nggak???
Kenapa golongan darah manusia gak lebih dari 4 ya??
Kenapa gak ada golongan darah BO, atau AO ya???
Ternyata semua itu ada penjelasannya gan. Berikut ini penjelasannya yang saya dapat dari detikhealth.com.

Bila semua manusia berasal dari satu keturunan Adam dan Hawa, tentunya hampir semua manusia memiliki kemiripan. Lalu mengapa ada perbedaan yang terjadi dalam tubuh manusia terutama pada golongan darah?

Variasi atau perbedaan genetik akan menjadi faktor utama untuk menjelaskan pertanyaan ini. Penjelasan yang sama untuk menerangkan mengapa ada warna mata, kulit dan rambut yang berbeda dari setiap populasi manusia.

Dilansir dari Health2009, Rabu (29/9/2010), Adam diperkirakan merupakan makhluk yang auto-reproduksi dengan fisi biner (menghasilkan keturunan yang sama persis tanpa pembedaan), seperti yang terlihat pada beberapa hewan tingkat rendah dan tumbuhan.

Ketika Adam menghasilkan keturunan dari Hawa, yaitu wanita yang pertama diciptakan, memungkinkan terjadinya kombinasi dan juga silang materi genetik, sebagaimana terjadi pada fase meiosis (pembelahan yang terjadi pada fase reproduksi seksual), sehingga terjadilah perbedaan atau variasi gen pada keturunannya.

Selama evolusi banyak permutasi dan kombinasi gen berbeda terjadi, hingga mencapai suatu kondisi yang akhirnya dapat membedakan berbagai golongan darah manusia.

Manusia mewarisi jenis darah dari masing-masing orangtuanya (bersifat turunan atau inherited). Terdapat gen dari kromosom yang berbeda pada jenis darah. Selain itu, jenis protein, glikoprotein dan glikolipid juga ditemukan pada permukaan sel darah merah yang menggambarkan jenis darah.

Karl Landsteiner menggambarkan jenis darah inventif (A, B dan O) pada tahun 1900 dan dokter segera mengakui sistem darah 23 golongan pada ratusan jenis berbeda, seperti antigen dan antibodi.

Dan sekarang, ada empat golongan darah yang dikenal populer, yaitu A, B, AB dan O. Penunjukan ini mengacu pada gula (A, B dan O) yang ditemukan pada permukaan sel darah merah manusia.

Tapi perbedaan golongan darah hingga kini merupakan salah satu misteri alam. Sebagai individu manusia, masing-masing memiliki gen, bentuk tubuh, golongan darah dan banyak lagi yang berbeda. Ini merupakan keajaiban kehidupan.

Belum ada ilmuwan yang mampu menjelaskan secara pasti mengapa ada 4 jenis golongan darah yang berbeda pada manusia. Ilmu pengetahuan pun tidak bisa menjelaskan sepenuhnya apa yang terjadi di alam. Tapi manusia dituntut untuk terus mempelajari ciptaan-Nya.

2 komentar:

  1. The differences in human blood are due to the presence or absence of certain protein molecules called antigens and antibodies. The antigens are located on the surface of the red blood cells and the antibodies are in the blood plasma. Individuals have different types and combinations of these molecules. The blood group you belong to depends on what you have inherited from your parents.

    BalasHapus
  2. Mungkin karena manusia terdiri dari 4 unsur;(1) Tanah, (2) Air (3) Angin, dan (4) Api.Perbedaan disebabkan unsur yang mendominasi pada diri manusia.

    BalasHapus

Jangan Sungkan Untuk Meninggalkan Komentar Disini. Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan isi posting dan dapat berupa kritik maupun saran. Terima kasih, anda sudah meninggalkan komentar yang bermutu.

Related Posts with Thumbnails