------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Kamis, 30 September 2010

Gempa Besar di Papua Barat Sudah diprediksi Sebelumnya



Negara kita sering banget dilanda gempa. Gempa yang baru saja terjadi di Papua barat ini cukup heboh juga. Gempa terjadi sampai tiga kali dan skalanya besar - besar pula. Tetapi sebenarnya gempa itu sudah diperkirakan oleh BMKG. Berikut ini beritanya yang saya ambil dari detiknews.com

Jakarta - Tiga gempa yang mengguncang bumi Papua Barat telah diprediksi sebelumnya. Namun demikian, waktu kejadian dari gempa yang sempat diperingatkan dapat menimbulkan gelombang tsunami tidak dapat diketahui sejak awal.

"Rabu (29/9/2010) jam 21.00 WIB kita sudah memprediksi akan terjadi gempa di Papua namun kalau waktunya tidak bisa diprediksi tapi kami mengetahuinya dari polanya," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial, Andi Arief, kepada detikcom, Kamis (30/9/2010) pukul 02.00 WIB.

Menurut Andi, dari tim yang mengkaji potensi gempa yang ada di Indonesia dapat mengetahui potensi gempa di Indonesia Timur lebih besar dibandingkan di wilayah Indonesia barat. Meski demikian, terkait kerusakan justru berbeda.

"Indonesia timur potensi gempanya dua kali lebih besar tapi resiko kerusakannya sangat sedikit dibandingkan gempa yang terjadi di Indoensia barat," jelas Andi.

Terkait tiga gempa yang mengguncang Papua, anda mengaku belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa dan kerusakan. "Kita belum terima laporan, jika ada informasi kami akan kabarkan," tutupnya.

Sebelumnya, BMKG melansir terjadi gempa 7,4 SR di 141 km Tenggara Kaimana dengan kedalaman 25 km. Kemudian terjadi dua kali gempa susulan masing-masing berkekuatan 5,3 SR dengan kedalaman 10 km dan 5,2 SR dengan kedalaman 108 KM.

(ddt/irw)

Kemudian berita gempa itu juga diperkuat dengan isu akan timbulnya tsunami. Tetapi untunglah isu tersebut sudah diklarifikasi oleh BMKG. Memang BMKG awalnya memprediksikan terjadinya tsunami. Tetapi kemudian prediksi tersebut dicabut. Berikut ini beritanya dari detiknews.com:

Jakarta - Dua gempa susulan mengguncang Papua Barat pasca gempa berkekuatan 7,4 SR. Namun, dua gempa terakhir ini berkekuatan lebih kecil.

Berdasarkan informasi yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (30/9/2010), gempa susulan pertama terjadi pada pukul 00.58 WIB dengan kekuatan 5,3 SR.

Titik pusat gempa berada di 4.66 LS - 134.18 BT atau 119 Km arah tenggara Kabupaten Kaimana. Gempa terjadi di kedalaman 10 Km.

Sedangkan gempa susulan kedua terjadi 3 menit kemudian atau tepat pada pukul 01.01 WIB. Kekuatan gempa sebesar 5,2 SR dan berada di kedalaman 108 km.

Seiring dengan menurunnya kekuatan 2 gempa susulan itu, BMKG juga telah mencabut peringatan akan potensi terjadinya tsunami.

Sebelumnya, BMKG melansir terjadi gempa 7,4 SR di 141 km Tenggara Kaimana dengan kedalaman 25 km.  Sementara itu, US Geological Survey mencatat kekuatan gempa mencapai 6,6 SR dengan kedalaman 20 km.
(ddt/irw)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Sungkan Untuk Meninggalkan Komentar Disini. Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan isi posting dan dapat berupa kritik maupun saran. Terima kasih, anda sudah meninggalkan komentar yang bermutu.

Related Posts with Thumbnails