------Terima Kasih Untuk Kunjungannya ------ Untuk Melihat Daftar Isi Dari Blog Ini Klik Tab Bertuliskan INDEX ------ Untuk Bertukar Link Klik Pada Tab Link Exchange ------ Untuk Yang Suka Download Dapat Melihat Di Tab Download ------ Jika Anda Ingin Memasang Iklan Pada Blog Ini Cukup Berkomentar Pada Tab Advertising ------

Kamis, 05 Agustus 2010

Keamanan Negara Terancam Karena Blackberry???

Wah...
repot juga ya kalo blackberry bisa mengancam keamanan negara, padahal brand tersebut sedang marak di Indonesia. Banyak banget pengguna Blackberry sampai - sampai hampir semua operator merilis layanan untuk smartphone ini.
Denger - denger sich, Blackberry ini mengancam keamanan negara gara - gara fitur - fitur istimewa yang dimiliki oleh smartphone ini, dimana tidak semua orang dapat mengaksesnya. kalo yang udah aku baca sich, katanya server pembuat Blackberry yaitu Research in Motion (RIM) bisa merahasiakan segala informasi dari pemerintah.
Kalo emang gitu ceritanya repot juga yah... -_-"
Berikut ini cuplikan dari www.republika.co.id mengenai si Blackberry ini cekidot guys...


Perangkat BlackBerry adalah ponsel satu-satunya yang beroperasi di wilayah itu yang otomatis me-relay informasi penggunanya ke luar negeri. “Melihat bagaimana data BlackBerry dikelola dan disimpan, beberapa aplikasi Black Berry me mungkinkan orang untuk menya lahgunakan layanan itu, menyebabkan dampak keamanan dan sosial serius,” demikian keterangan regulator UEA, akhir pekan lalu.

Mereka mengatakan, penggunaan BlackBerry berarti operasi di luar yurisdiksi hukum nasional dan secara otomatis mengirim data ke luar negeri untuk dikelola organisasi asing komersial. Sistem RIM, dari menyampaikan data, seperti email ke server jaringan lepas pantai yang terpisah dari yang dioperasikan oleh operator seluler lokal.

“Sejumlah orang mungkin tak menyukai itu,” kata Bruce Schneier, seorang penulis dan kepala petugas keamanan teknologi pada operator telekomunikasi Inggris BT. Yang dikhawatirkan oleh pemerintah adalah mereka tak bisa mengakses data itu, sementara ada pihak yang bisa.

Otoritas Regulasi Telekomuni kasi UEA mengatakan, BlackBerry diluncurkan di UAE sebelum undang-undang keselamatan dan darurat keamanan nasional diberlakukan pada 2007. Namun, otoritas itu tak menyebutkan apakah mereka tengah mempertimbangkan larangan langsung penggunaan BlackBerry.

Jubir RIM, perusahaan asal Kanada pembuat BlackBerry, mengatakan pihaknya belum memiliki komentar apa pun mengenai hal ini. Baru setahun lalu, RIM mengkritik pemerintah UEA karena operator seluler Etisalat yang merupakan milik negara, meminta lebih dari 145 ribu pengguna BlackBerry di negara itu untuk meng-install perangkat lunak digambarkan sebagai upgrade yang diperlukan untuk peningkatan layanan.

RIM mengatakan, tes menunjukkan, layanan itu pada kenyataannya perangkat lunak mata-mata yang dapat memungkinkan orang luar mengakses informasi pribadi yang tersimpan pada ponsel. Mereka pun segera memberi kan perincian petunjuk kepada pengguna cara menghapus perangkat lunak itu.

UEA bukanlah negara pertama yang mengkhawatirkan ponsel BlackBerry. Bahrain, negara kecil di Teluk, awal tahun ini mengancam tindakan hukum terhadap pengguna BlackBerry yang berbagi berita lokal melalui chat pada perangkat BlackBerry.

Badan keamanan pemerintah India juga telah menyuarakan keprihatinan mengenai cara BlackBerry menangani data dapat menempatkan sebuah bangsa dalam risiko. Morillon mengatakan, pemerintah di Teluk makin khawatir meningkatnya pengguna aplikasi BlackBerry Messenger yang lebih sulit dipantau. “Aplikasi ini telah menjadi saluran menyebarkan informasi, yang meng khawatirkan pihak berwenang,” katanya.

Wah, kalo kayak gitu ceritanya kemungkinan Blackberry juga akan ditarik di Indonesia, so....
bagi pengguna Blackberry cepet - cepet jual aja dech daripada gak laku..hhehe (soalnya aku gak punya Blackberry jd nyantai aja ^^, )

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Sungkan Untuk Meninggalkan Komentar Disini. Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan isi posting dan dapat berupa kritik maupun saran. Terima kasih, anda sudah meninggalkan komentar yang bermutu.

Related Posts with Thumbnails